Selamat Jalan Kawan

Hari masih pagi ketika pertama kali saya liat situasi kantor mulai kasak kusuk membicarakan suatu kabar yang mengejutkan. Samar-samar saya mendengar nama seseorang yang cukup familiar disebut berulang kali. Mendengar nama itu disebut, rasa penasaran pun muncul dan kemudian saya putuskan untuk mencari tau melalui seorang teman.

Sebelum saya sempat bertanya, sekilas saya melihat status BBM teman yang tadinya akan saya mintakan info  “Telah berpulang ke rahmatullah, rekan kami Purna Atmaja ….

Shock … itu yang pertama kali saya rasakan. Kabar kepergian seorang teman benar-benar membuat saya shock. Secara pribadi, saya memang tidak terlalu dekat dengan almarhum. Kami baru berkenalan beberapa bulan yang lalu, dan ‘baru’ sempat ngumpul bareng temen2 kantor dalam satu kali kesempatan. Satu event yang akhirnya sangat membekas karena bincang-bincang santai (plus curhat-curhat ga jelas :’) ) yang kami habiskan di sabtu malam menjelang Ramadhan itu berakhir dengan mobil mogok yang membuat kami (saya, almarhum dan 3 orang teman lainnya) sempat kelimpungan karena tidak ada satupun di antara kami yang benar-benar mengerti mobil.

Sekali lagi .. perkenalan ini begitu singkat. Tapi kesan pertemuan kami cukup membekas. Selain ‘kesialan’ yang kami alami malam itu, pertemuan-pertemuan tidak sengaja lainnya spt berpapasan di gerbang kantor, di depan lift dll menjadi cukup berkesan karena keramahan yang selalu ditunjukkan almarhum. Belum lagi, ada banyak hal positif yang saya liat dari beliau (dan juga ternyata diaminkan oleh rekan-rekan yang lain). Ramah, bersahaja, pintar, alim dan banyak kesan positif lainnya yang sangat identik dengan almarhum. Semua orang seperti berlomba membicarakan kebaikannya. Betapa ternyata kesan positif ada di benak kami semua.

Seorang yang baik dan berkesan … kembali di usia yang belum genap 28 tahun, sebelum sempat menggenapkan separuh dien … dalam suatu kecelakaan di senin dini hari setelah menghabiskan lebaran terakhirnya bersama keluarga besar tercinta. Sebagai orang baik yang Insya Allah berpulang dalam husnul khatimah … tangis sedih dan doa pun terus mengalir dari siapapun yang mengenal sosoknya ….

Senin malam, October 29th 2012. In memoriam Purna Atmaja, NIK. 840155. Pergi setelah kecelakaan, jatuh dari kereta dalam perjalanan Ponorogo-Bandung Senin dini hari di daerah Purworejo.